Yang Perlu Anda Persiapkan untuk Kuliah S2

Berbeda dengan mendaftar perkuliahan S1, untuk S2 perlu memenuhi syarat yang lebih rumit. Oleh karena itu, jika kamu berminat melanjutkan studi, ketahui dan persiapkan dengan baik syarat yang diperlukan. Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui untuk persiapan kuliah S2.

1. Kampus yang Dituju Sudah Jelas

Hal pertama adalah menentukan kampus yang akan kamu tuju. Setiap kampus memiliki syarat yang berbeda. Kamu bisa memilih sekolah Bisnis Manajemen yang populer seperti Universitas Prasetiya Mulya. Terdapat program magister yang bisa kamu ambil, seperti Program S2 Manajemen Bisnis.

2. Jurusan Yang Dipilih Sudah Pasti

Selanjutnya pastikan jurusan yang akan diambil. Setiap jurusan bisa memiliki ketentuan yang berbeda. Pastikan syarat dari jurusanmu dan cari informasi sebanyak-banyaknya.

3. Persiapkan Biaya

Kemudian, tentunya kamu perlu mempersiapkan biaya dengan baik. Cek berapa biaya kuliah di jurusanmu. Setiap jurusan bisa memiliki biaya kuliah yang berbeda..

4. Persiapkan Rencana Penelitian Tesis

Pada jenjang S2 kamu akan dituntut untuk menghasilkan karya ilmiah. Kamu dapat mempersiapkan lebih awal rencana penelitian. Karena Ini akan menentukan masa

kuliah mu nantinya.

5. Persiapkan Nilai  TOEFL

Memiliki kemampuan Bahasa Inggris di S2 ini penting. Terdapat banyak jurnal internasional yang perlu dibaca. Selain itu, syarat untuk kuliah S2 mewajibkan memiliki skor TOEFL minimal setara 450.

6. Persiapkan dengan Belajar TPA (Tes Potensi Akademik)

Beberapa kampus juga ada yang mensyaratkan tes potensial akademik atau TPA untuk syarat daftar. Kamu bisa mempersiapkan jauh-jauh hari.

7. Persiapkan Materi Bidang yang Kamu Pilih

Umumnya akan ada tes masuk sesuai bidang, untuk itu kamu perlu belajar mengenai bidang.

8. Persiapkan Dokumen Pendukung (Ijasah & Transkrip)

Selanjutnya adalah persyaratan administrasi seperti fotokopi ijazah dan transkrip nilai di S1 yang sudah dilegalisir. Ini hal mutlak yang dibutuhkan pada saat mendaftar S2. Jangan mendadak, persiapkanlah jauh-jauh hari. Jangan lupa juga untuk scan ijazah dan transkrip nilai mu. Karena biasanya, banyak pendaftaran yang melalui sistem online.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.