Mulai Jalankan Usaha Laundry Kiloan dengan Mudah

Laundry kiloan saat ini tengah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar masyarakat. Harganya yang terjangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan setia yang kerap kali menggunakan jasa mencuci satu ini. 

Tak sulit menemukan laundry kiloan di berbagai sudut wilayah, harga menjadi variasi utama sesuai dengan kelebihan dan fasilitas yang ditawarkan. Mengutip dari Harga.web.id, di tahun 2022 ini, laundry kiloan memberikan harga kisaran mulai dari Rp. 6.000 hingga Rp. 10.000 – untuk setiap kilonya.

Dari kisaran harga tersebut, untuk mencuci pakaian yang amat banyak akan lebih murah, belum lagi kualitas mencuci di binatu sudah tidak perlu diragukan lagi, pakaian akan wangi, rapi, dan bersih. Hal inilah yang membuat pelanggan tidak ragu menggunakan laundry kiloan terus-menerus. 

Minat yang tinggi terhadap jasa laundry membuat banyak pengusaha mengincar jenis bisnis ini untuk mendapat keuntungan. Anda dapat menjadi salah satu pemilik usaha ini dengan cara yang mudah, berikut ini merupakan ulasan bagaimana memulai usaha laundry kiloan.

1. Memahami Secara Keseluruhan Tentang Laundry

Menjalankan usaha laundry memang bisa dibilang susah-susah gampang, tidak hanya menguntungkan namun bisa juga merugikan jika penanganan dan operasionalnya tidak dijalankan dengan baik. Untuk itu dibutuhkan persiapan yang matang dalam memberikan layanan mencuci semaksimal mungkin kepada pelanggan.

Dengan memaksimalkan proses mencuci yang tepat, maka pelanggan akan mempercayakan jasa laundry untuk digunakan. Sehingga akan berpengaruh terhadap pendapatan anda nantinya. Untuk itu anda membutuhkan pengetahuan mengenai segala hal tentang laundry untuk dapat menarik perhatian pelanggan.

2. Menentukan Harga Tepat

Harga menjadi salah satu pembeda antara laundry kiloan satu dengan lainnya. Service dan kualitas juga dapat ditentukan dari harga. Pemberian harga juga berkaitan dengan kompetitor pesaing laundry anda. Pelanggan tentu akan mencari yang paling murah, tanpa mengesampingkan kualitas yang diberikan.

Cara tepat menentukan harga penjualan kepada pelanggan adalah dengan melakukan survey atau riset kecil-kecilan untuk mengetahui harga yang ditawarkan pasar atau kompetitor. Anda dapat mengunjungi usaha laundry serupa dengan anda, bandingkan service yang mereka tawarkan dengan service pada outlet anda.

3. Memiliki Karyawan Berkompeten

Karyawan menjadi hal penting selanjutnya dalam menjalankan usaha laundry kiloan, sehingga memiliki karyawan berkompeten dan berpengalaman menjadi salah satu kunci untuk membuat bisnis anda sukses dan rentan terkena kendala.

Tak masalah jika memang karyawan anda tidak memiliki pengalaman menjadi karyawan laundry sebelumnya, selama mereka mudah mengerti, mudah diajari, melek teknologi, dan mengetahui cara dasar mencuci dan menggunakan mesin cuci.

4. Membuat Pembukuan atau Catatan Keuangan

Sumber foto: Canva

Pencatatan keuangan tidak luput diperhatikan dalam menjalankan usaha laundry, dimana biaya-biaya masuk dan keluar sangat penting untuk dicatat dan direkam untuk mengetahui seberapa besar perolehan keuntungan atau sebaliknya.

5. Menyediakan Layanan Antar Jemput

Layanan antar jemput laundry dapat dilakukan para pemilik usaha binatu kiloan, dimana proses ini akan memberi kemudahan bagi pelanggan, mereka tidak perlu lagi datang langsung ke outlet laundry untuk mencuci pakaian.

Saku Laundry menjadi salah satu solusi untuk menjalankan laundry on-demand. Dimana di dalam aplikasi ini tersedia dua akun yaitu akun driver dan akun customer akan saling terhubung untuk melakukan proses transaksi, pengambilan pakaian, hingga pengantaran kembali ke rumah pelanggan.

6. Memberikan Pelayanan secara Maksimal

Berikan pelayanan maksimal dan sebaik mungkin kepada pelanggan, buat pelanggan tertarik dan ingin terus menggunakan jasa yang anda tawarkan. Lakukan standar SOP laundry kepada seluruh karyawan laundry untuk memaksimalkan hasil cucian pelanggan.

7. Memperhatikan Waktu dengan Sebaik Mungkin

Setiap pelanggan tentu menginginkan proses mencuci dengan secepat mungkin, sehingga anda dapat memberikan perbedaan waktu untuk laundry reguler dengan waktu maksimal 4 hari, atau laundry express dapat siap dalam waktu 1 hari. Disini anda dapat melakukan strategi marketing dengan memberi kisaran harga berbeda antara laundry kiloan reguler dengan express.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.