Menelaah Destanasi Wisata Bersejarah Candi Borobudur

Tentu bukan sebuah rahasia lagi jika Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah yang ada di Indonesia. Kemegahan dari Candi Borobudur beserta keunikan yang ada bersamanya berhasil membuat Candi Borobudur masuk ke dalam deretan keajaiban dunia. Sementara itu, ada yang bertanya Candi Borobudur di mana, maka jawabannya adalah di Magelang Jawa Tengah.

Statusnya yang menjadi salah satu keajaiban dunia membuat Candi Borobudur tidak hanya dikenal dalam kancah nasional tetapi juga internasional. Tidak sedikit pula para wisatawan yang datang ke Candi Borobudur. Untuk mengetahui secara lebih lengkap seperti apa Candi Borobudur ini, simak selengkapnya di bawah ini.

Dimensi Candi Borobudur

Sebelum lebih lanjut membahas tentang Candi Borobudur dari aspek lain, maka terlebih dahulu dibahas mengenai tampilan fisik dari Candi Borobudur itu sendiri. Candi Borobudur memiliki luas sekitar 2500 meter persegi dimana panjangnya sekitar 121,66 meter, tinggi 35,40 meter dan lebar 121,38 meter. Dengan dimensi yang dimiliki oleh Candi Borobudur ini membuatnya tampak begitu megah dan luas.

Pembangunan Candi Borobudur

Selanjutnya mari membahas mengenai pembangunan Candi Borobudur itu sendiri. Hal ini memang terkait dengan sejarahnya di mana Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada abad ke-8 atau sekitar tahun 750-an Masehi. Pada saat Candi Borobudur dibangun di masa itu sedang diperintah oleh dinasti Syailendra. Sementara untuk pembangunan Candi Borobudur sendiri diperkirakan menghabiskan waktu hingga 75 tahun dan akhirnya bisa rampung pada masa pemerintahan raja Samaratungga.

Candi Borobudur sendiri sempat tertimbun oleh debu vulkanik Selama ratusan tahun dari Gunung Merapi. Diperkirakan letusan tersebut terjadi sekitar tahun 1006. Beberapa setelahnya Borobudur kemudian ditemukan oleh Insinyur Belanda yang bernama hermanus Christian Cornelius pada tahun 1814 persyarat itu Kerajaan Inggris sedang diwakili Thomas Stamford Raffles dan pernah menduduki beberapa wilayah di Indonesia seperti Jawa Tengah dan beberapa bagian dari Pulau Jawa. Usai Indonesia merdeka, Candi Borobudur kemudian direnovasi dan akhirnya ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991.

Berbagai Destinasi di Candi Borobudur

Hanya bisa menikmati keindahan dari Candi Borobudur, pengunjung yang datang ke Candi Borobudur juga bisa menemukan aneka objek wisata yang menarik. Di sekitar Candi Borobudur ada 3 museum yang bisa dikunjungi untuk bisa menambah wawasan seperti museum kapal Samudraraksa museum Borobudur, dan museum MURI.

Sementara itu jika pengunjung ingin melihat candi Borobudur dari kejauhan dengan view yang menakjubkan, maka bisa memilih untuk melihatnya dari Punthuk Setumbu yang ada di barat Candi Borobudur. Lokasi ini para pengunjung bisa menyaksikan sunset maupun sunrise. Tentunya hal ini bisa menggambarkan betapa indahnya lokasi di sekitar Candi Borobudur yang tidak kalah menarik dengan tempat seperti Labuan Bajo. Bagi kamu yang bertanya Labuan Bajo itu dimana maka jawabannya ada di NTT.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.