Jalan-jalan ke Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

Bisa dibilang Jakarta adalah kota yang paling tersohor di Indonesia, ibu kota negara Indonesia ini dikenal sebagai kota metropolitan dengan berbagai mall dan Gedung-gedung pencakar langitnya. Namun tak hanya itu, Jakarta juga memiliki objek wisata sejarah yang patut untuk dikunjungi.

Jakarta menawarkan berbagai museum sebagai objek wisata sejarah yang dikemas dengan bangunan yang menarik agar pengunjung tidak ragu untuk berwisata sekaligus mengenang sejarah di sana. Beberapa bahkan mempertahankan bangunannya agar tetap otentik.

Berikut adalah rekomendasi museum di Jakarta sebagai tempat wisata sejarah Indonesia :

Museum Fatahillah

Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui sejarah kota Jakarta sejak zaman dahulu kala, mengunjungi museum Fatahillah dapat menjawab segala pertanyaan yang ada di benakmu. Di museum ini terdapat lebih dari 25.000 benda bersejarah yang dapat dilihat oleh pengunjung.

Terdapat juga perpustakaan dengan lebih dari 1000 koleksi buku yang mana sebagian besar bukunya merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda. Museum Fatahillah ini wajib menjadi daftar wisata sejarah yang harus kamu datangi jika berkunjung ke Jakarta.

Bukan tanpa alasan, sebab museum ini merupakan museum bersejarah yang terbesar di Jakarta.

Museum Wayang

Awalnya museum wayang ini merupakan gereja yang dibangun pada tahun 1640 bernama de Oude Holandsche Kerk. Gedung bersejarah ini sempat mengalami kerusakan berat akibat gempa pada tahun 1732 dan beberapa kali mengalami pemugaran.

Di tahun 1975, gedung ini diresmikan oleh Bapak Ali Sadikin sebagai museum wayang. Seperti yang diketahui, wayang adalah salah satu budaya yang mengakar kuat di Indonesia.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Di museum ini, kamu dapat melihat ratusan koleksi lukisan dan lebih dari seribu jenis keramik yang berasal tak hanya dari Indonesia saja tapi hingga dari Eropa. Selain lukisan dan keramik, ada pula batik lukis dan totem kayu.

Nilai plusnya lagi, pengunjung bisa belajar membuat keramik juga di sini.

Mudahnya Jalan-jalan ke Jakarta

Selain keempat museum di atas, masih ada lagi museum lain seperti museum bank Indonesia, museum prasasti dan museum perumusan naskah proklamasi. Kamu bisa berkunjung ke kota Jakarta menggunakan berbagai moda transportasi salah satunya bus.

Harga tiket bus ke Jakarta pun sangat terjangkau dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Kamu bisa membeli tiket bus ke Jakarta menggunakan aplikasi Pegipegi, cukup dengan menggunakan ponsel pintar kamu.

Pegipegi merupakan solusi traveling yang bisa kamu gunakan untuk membeli tiket transportasi umum dan juga menyewa penginapan. Kamu pun bisa mengunjungi tempat berlibur di Jakarta untuk konten media sosial kamu tanpa harus repot memikirkan mencari tiket transportasi dan memesan kamar penginapan.

Jakarta, tidak melulu soal mall dan gedung-gedung mewah. Ada banyak tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Selain berkunjung ke sana untuk belajar, kamu juga bisa menjadikannya sebagai konten media sosial yang mengedukasi masyarakat luas.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *