Ingin Bisnis Kedai Kopi? Yuk, Perhatikan Tips Ini!

Ada banyak anak muda yang suka nongkrong hingga orang dewasa yang ingin bertemu klien, mengerjakan tugas di kafe atau sekadar menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari di kedai kopi. Dengan konsep kedai kopi yang menarik, Anda punya peluang menghasilkan omzet besar setiap bulan. Pastikan memiliki software kasir yang bisa memudahkan pelayanan pada pelanggan lebih cepat dan efisien.

Tips Mengembangkan Kedai Kopi dengan Konsep Menarik

Buat Anda yang berencana mengembangkan bisnis kedai kopi yang bisa menghasilkan lebih banyak transaksi setiap hari, maka pastikan tahu tips mengembangkan kedai kopi lebih potensial sebagai berikut :

1. Tentukan target pelanggan

Siapa target pelanggan yang bakal lebih sering berkunjung ke kafe atau kedai kopi Anda? Anda harus membuat peta target pasar yang lebih potensial mulai usia, latar belakang, budget ngopi, dan lain-lain. Target pasar yang tepat akan mendukung usaha Anda berkembang lebih pesat lagi.

2. Tentukan konsep kedai kopi

Konsep apa yang belum ada di daerah Anda atau Anda harus melakukan riset untuk mendapatkan ide yang anti mainstream. Anda bisa membuat kedai kopi yang memiliki koleksi buku untuk pengunjung yang hobi membaca, tempat yang menawarkan pemandangan alam menarik, kedai kopi dengan konsep tempat yang instagramable, dan lain-lain.

3. Memilih lokasi kedai kopi

Pemilihan lokasi kedai kopi yang strategis menjadi kunci kesuksesan usaha Anda yang bergerak di bidang penjualan menu dan fasilitas tempat ini. Pastikan Anda memilih lokasi yang mudah diakses dari mana saja, kemudian lokasi dekat dengan area publik. Sewa lokasi kedai kopi yang strategis memang membandrol harga lebih mahal, tapi sepadan dengan kunjungan anak muda hingga karyawan perkantoran.

4. Tentukan variasi menu dan harga

Selain lokasi dan konsep yang menjanjikan, Anda juga harus menyiapkan variasi menu dengan harga yang sesuai. Menu kopi atau minuman yang estetik, camilan atau menu pendamping yang enak atau pemilihan menu yang tidak biasa menjadi tips penting. Anda juga harus menentukan supplier bahan baku yang bisa bekerja sama agar menu selalu ada di kedai kopi Anda. Jangan sampai membuat pelanggan Anda merasakan kekecewaan sebab menu sudah habis pada jam buka, ya!

5. Persiapan modal dan perencanaan keuangan

Usahakan memulai bisnis dengan modal sendiri, boleh menambahkan hutang dengan persentase 30-50 persen saja. Anda harus mulai membelanjakan modal untuk membeli mesin penyeduh kopi, grinder, peralatan saji, pendukung interior, dan lain-lain. Jangan lupa melakukan pencatatan keuangan dengan baik untuk menghindari risiko arus kas yang macet. Anda bisa menggunakan mesin kasir yang memiliki fitur pencatatan transaksi online yang bisa menyajikan laporan keuangan yang terintegrasi dengan software.

Maksimalkan bisnis kopi Anda dengan melakukan promosi dan pemasaran yang apik lewat media online atau offline. Dukungan software kasir yang menawarkan pelayanan lebih cepat saat proses pembayaran akan membuat pelanggan lebih puas. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi kasir premium dari Olsera yang terintegrasi Tokopedia dengan fitur terbaru berupa Akuntansi Olsera.

Dengan adanya fitur akuntansi ini, Anda bisa mengecek dan melakukan evaluasi dari laporan laba rugi bulanan, laporan neraca, laporan modal, dan arus kas usaha. Anda juga bisa mencatat dan mendapatkan pengingat mengenai daftar hutang dan piutang yang jatuh tempo. Manajemen aset lebih baik, kroscek pencatatan aplikasi dengan rekening koran perusahaan, dan masih banyak fitur menarik lain dari Olsera. Segera daftar sekarang untuk berlangganan aplikasi software kasir yang memberikan keuntungan bisnis berlipat ganda!

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.