Final Tunggal Putra Bulutangkis Olimpiade 2021, Buah Kesabaran Axelsen Medali Emas?

Pebulu tangkis Denmark, Viktor Axelsen akan menghadapi Chen Long (China) di final tunggal putra bulutangkis Olimpiade 2021 hari ini, Senin (2/8/2021) malam. Viktor Axelsen adalah pebulu tangkis tunggal putra pertama asal Denmark yang mencapai final Olimpiade 2021 setelah Poul Erik Hoyer Larsen pada 1996. Saat itu, Hoyer berhasil meraih medali emas saat mengalahkan wakil China, Dong Jiong.

Hoyer dan Axelsen punya kesamaan, melawan wakil China di partai puncak, ini adalah kesempatan bagi pebulu tangkis peringkat 2 dunia itu meraih emas dan mengukir tinta emas tim Eropa di Olimpiade. Pasalnya, setelah Hoyer meraih emas, pemain Asia mendominasi dan silih berganti hingga edisi Rio 2016. Axelsen juga sempat mengutarakan di awal Olimpiade Tokyo 2021, bahwa dia bertekad untuk memutuskan dominasi pemain Asia yang meraih medali emas dari sektor tunggal putra.

Kini, kesempatan itu ada di depan mata, Axelsen ternayata ahlinya peraih medali perunggu yang kemudian menjadi emas. Kenapa begitu? Pada Kejuaraan Eropa 2012 dan 2014, Axelsen meraih medali perunggu sebelum memenangkan medali emas pertamanya pada 2016.

Di Kejuaraan Dunia 2014 itu perunggu sebelum tiga tahun kemudian pada 2017 Denmark mendapatkan emas. Begitu juga ketika dia tampil di Olimpiade, pada edisi 2016, Axelsen meraih medali perunggu setelah mengalahkan Lin Dan. Tapi menariknya, langkah Axelsen ketika hendak ke final dikalahkan Chen Long dua set langsung dan ini bisa menjadi momen balas kekalahan bagi pebulu tangkis berusia 27 tahun itu.

Jika Axelsen punya kebiasaan seperti itu, maka ini adalah waktu yang tepat baginya untuk meraih emas Olimpiade. "Saya ingin lebih dari sekedar final. Ini tidak cukup bagi saya. Saya mendapat tekanan. Saya tidak berpikir Anda bisa menemukan pertandingan di mana akan ada lebih banyak tekanan pada diri sendiri," kata Axelsen, dikutip dari Badminton Europe. Senin, 2 Agustus 2021

Mulai pukul 11.00 WIB Perebutan medali perunggu Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea) vs Kim So Yoeung/Kong Hee Yong (Korea) Perebutan medali emas Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Senin, 2 Agustus 2021 Pukul 18.00 WIB Perebutan medali perunggu Kevin Cordon vs Anthony Sinisuka Ginting

Pukul 18.50 WIB Perebutan medali emas Viktor Axelsen vs Chen Long

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.