Fakta Kemenangan Liverpool atas Porto, Liga Champions, Rekor Ganda Salah hingga Milner Samai Gerrard

Liverpool menggulung tim tuan rumah FC Porto dalam matchday kedua Liga Champions, Rabu (29/9/2021). Bermain di do Dragao, markas dari Porto, The Reds menang mutlak 1 5 di Portugal. Gol dari Liverpool dicetak oleh dwi gol Firmino dan Salah, serta satu gol dari Sadio Mane.

Sedangkan gol dari Porto dikemas oleh Taremi untuk memperkecil keteringgalan. Hasil ini membuat Liverpool sementara ini kokoh di puncak klasemen sementara Grup B Liga Champions 2021. Berikut adalah fakta menarik kemenangan Liverpool atas FC Porto di Liga Champions.

Liverpool sejauh ini belum terkalahkan ketika menghadapi FC Porto. The Reds masih menjadi momok menakutkan untuk wakil asal Portugal. Porto tidak pernah menang dalam 9 pertemuan menghadapi Liverpool, dengan rincian 6 kali kalah dan tiga kali imbang.

Rekor ini hanya kalah oleh Walsall dan Schunthrope United, di mana Porto tidak pernah menang dalam 11 pertemuan mereka. Liverpool mencatatkan rekor tersendiri dengan mengalahkan Porto. Ini adalah kemenangan 6 kali beruntun untuk Liverpool di mana The Reds mengemas 3 gol atau lebih dalam sau pertandingan.

Catatan ini menyamai rekor mereka yang sebelumnya pernah melakukannya dua kali. Tepatnya pada 2009 dan Oktober 1892, tentu menjadi alarm bahaya untuk tiap lawan Liverpool di laga selanjutnya. Dua gol Mohamed Salah sangat berarti untuk kemenangan Liverpool pada pertandigan ini.

Ini adalah catatan penting untuk pemain asal Mesir ini. Ia menjadi pemain ketiga dari Benua Afrika yang mengemas 30 gol di Liga Champions. Catatan ini hanya kalah dari Didier Drogba dengan 44 gol dan Samuel Eto'o dengan 30 gol di Liga Champions.

Selain itu, ini adalah gol keenam untuk Mohamed Salah secara beruntun di semua ajang. Menariknya, catatan ini menyamai rekornya pada April 2018, yang mengemas 6 gol beruntun di semua ajang. Dan tentu, ini bisa menjadi stimulus kenaikan gaji Salah di Liverpool.

Ini adalah laga ke 5 Liverpool di bawah asuhan Jurgen Klopp. Sejauh ini, sejak ditangani pria asal Jerman tersebut, Liverpool menang 3 kali dan mengemas 11 gol. Selain itu, Liverpool juga mencatatkan 3 nir bobol di bawah asuhan Jurgen Klopp ketika bertemu FC Porto.

Mantan pemain Manchester City, James Milner memainkan peran krusial di balik kemenangan Liverpool atas tuan rumah. Ia mengemas satu asis ketika menghadapi wakil Portugal dalam kemenangan 1 5. Itu adalah asis ke 12 nya untuk Liverpool di Liga Champions, tidak ada pemain yang mencatatakan lebih banyak dibanding James Milner.

Raihan ini sekaligus menyamai catatan Steven Gerrard yang mengemas 12 asis selama berseragam Liverpool di Liga Champions. Gol tunggal Sadio Mane, mempermanis kemenangan tim tamu atas Porto. Ini adalah gol kelima Sadio Mane ketika menghadapi Porto untuk Liverpool.

Tidak ada satupun pemain yang mencetak gol lebih banyak untuk Liverpool ketika menghadapi Porto selain pemain asal Senegal ini.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.