Cara Mengatasi Keputihan dengan Bahan Alami: Gunakan Ketumbar hingga Daun Jambu Biji

Berikut ini cara mengatasi keputihan dengan bahan alami. Apakah Anda sering mengalami keputihan? Keputihan merupakan hal umum yang terjadi pada wanita.

Namun, hal tersebut bisa jadi masalah jika terjadi secara berlebihan dan dibarengi dengan gejala yang lain. Cara mengatasi keputihan perlu segera Anda lakukan supaya kondisi kesehatan tak semakin parah. Keputihan yang dibarengi dengan rasa gatal, muncul sensasi terbakar, dan bau vagina yang tidak sedap jadi tanda bahwa bahwa Anda mengalami infeksi.

Infeksi bakteri atau jamur di daerah vagina yang dibiarkan juga bisa ditularkan ke orang lain atau disebut dengan istilah infeksi menular seksual. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi keputihan yang bisa Anda lakukan. Mengutip dari Very Well Health ( verywellhealth.com ), Anda perlu menjaga kebersihan area vagina dengan benar.

Pertama, gunakan celana dalam berbahan katun supaya area vagina tetap kering dan tidak lembab. Kedua, hindari pemakaian produk produk yang dapat menyebabkan iritasi. Ketiga, usahakan untuk tidak memakai celana yang terlalu ketat.

Keempat, periksakan diri ke dokter dan ikuti saran dan resep obat yang diberikan. Dengan begitu, Anda bisa menghindari keputihan yang semakin parah. Selain melakukan cara cara tersebut, ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi produksi keputihan.

Melansir E Times ( timesofindia.indiatimes.com ), keputihan bisa berkurang jika Anda mengonsumsi biji ketumbar. Caranya, Anda perlu merendam biji ketumbar selama semalaman terlebih dahulu. Di pagi hari, minum air rendaman biji ketumbar yang sudah disaring saat perut Anda masih kosong.

Cara mengatasi keputihan juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan daun jambu biji, lo. Selain itu, rasa gatal akibat keputihan pun dapat berkurang. Anda hanya perlu merebus daun jambu biji.

Setelah itu, minum air rebusan yang sudah didinginkan sebanyak dua kali dalam sehari. Times menyebutkan bahwa indian gooseberry atau malaka bisa mengatasi keputihan. Jenis buah ini mengandung banyak vitamin C dan nutrisi penting lainnya yang berguna untuk sistem imun tubuh.

Artinya, mengonsumsi indian gooseberry bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan. Supaya keputihan bisa teratasi secara optimal, cobalah untuk mengonsumsi indian gooseberry secara rutin. Ada banyak bentuk indian gooseberry yang bisa Anda konsumsi.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsinya secara langsung. (*/YNN) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.