Belajar Banyak Hal Tentang Sejarah di Beberapa Museum Sekitar Malioboro

Semua orang sudah tahu bahwa kota Jogja memiliki banyak sejarah di masa lalu yang menandakan perjuangan Indonesia hingga bisa merdeka sampai sekarang. Hal ini bisa dilihat dari adanya bangunan-bangunan yang punya nilai sejarah tinggi, salah satunya adalah museum. Di Jogja ada beberapa museum yang bisa dikunjungi sambil foto-foto dan lokasinya juga ada di pusat perbelanjaan yaitu Jalan Malioboro. Apa saja? berikut akan dibahas dengan jelas mengenai museum dekat Jalan Malioboro.

 

Museum Sonobudoyo

Museum pertama yang berdekatan dengan Malioboro yaitu Museum Sonobudoyo. Sebuah museum yang berada di alun-alun utara ini mengoleksi beberapa benda dan juga kesenian budaya. Museum ini juga termasuk lengkap karena terdapat 10 jenis koleksi mulai dari koleksi geologi, etnografi, senirupa, arkeologi, dan beberapa koleksi lainnya. Jika tertarik belajar banyak tentang kesenian budaya, maka bisa datang ke museum satu ini.

 

Benteng Vredeburg

Museum selanjutnya yang masih masuk ke dalam kawasan atau kompleks Jalan Malioboro yaitu Benteng Vredeburg yang didirikan dan dibangun Sultan Hamengku Buwono Pertama. Ada banyak koleksi di dalam museum ini mulai dari benda-benda zaman perang, diorama, dan ada juga pemutaran film saat masa penjajahan. Tujuan dari benteng ini dibangun sebagai lambang perdamaian tetapi Belanda membuat akal-akalan dengan adanya benteng tersebut agar bisa mengontrol seluruh aktivitas di dalam Keraton. Harga tiketnya juga masih terjangkau untuk semua kalangan dari dewasa sampai anak-anak.

 

Keraton Yogyakarta

Selanjutnya ada Keraton Yogyakarta yang posisinya berada di area Selatan Alun-Alun bagian Utara. Jarak dari area Malioboro ke Keraton hanya sekitar 50 meter saja sehingga banyak orang yang mengunjungi Keraton setelah menyusuri Jalan Malioboro untuk sekedar santai atau untuk berbelanja. Di dalam Keraton ada beberapa pagelaran budaya setiap hari kecuali hari Selasa. Pagelaran yang ada mulai dari musik gamelan, wayang golek, seni tari, wayang kulit, dan macapat. Jam buka Keraton dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang, sedangkan untuk hari Jum’at hanya sampai jam 12 siang.

 

De Mata Trick Eye

Museum selanjutnya lebih modern dan merupakan museum tiga dimensi pertama yang hadir di Indonesia. Sebagian gambar yang dipamerkan dalam museum ini merupakan hasil karya seorang Petrus Kusuma. Uniknya, ruang pamer dibentuk seakan berada di lorong yang berkelok atau seperti labirin. Museum ini dibuka untuk umum dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

 

Itulah museum yang ada di sekitaran Malioboro yang bisa menjadi cara untuk menambah wawasan sejarah sambil liburan. Pastikan semua musem bisa dikunjungi saat liburan ke Jogja, jadi sediakan waktu beberapa hari dan bisa bermalam di beberapa rekomendasi hotel di Jogja yang tentunya dekat dengan Malioboro. Salah satu yang direkomendasikan yaitu Kangen Homestay dengan harga semalam hanya 200 ribuan dan termasuk hotel bintang 2. Pesan sekarang juga di website atau aplikasi Pegipegi dan nikmati berbagai promo hotel murah yang siap menceriakan liburan.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *