7 Tips Menikmati Liburan Seru Ala Backpacker yang Wajib Anda Coba

Selama pandemi yang berlangsung sejak awal 2020, dunia pariwisata dunia seolah dihantam badai yang belum memiliki akhir sampai sekarang. Meskipun demikian, pembatasan aktivitas di luar rumah mulai longgar sehingga Anda bisa pergi traveling ke destinasi lokal hingga luar negeri. Anda yang berencana membuang stress dengan liburan lokal yang tidak kalah seru, ada baiknya beli tiket kereta api dengan promo OTW, ya!

Cara Mempersiapkan Traveling Sendirian

Supaya Anda bisa menikmati liburan lokal yang menyenangkan, maka simak cara mempersiapkan traveling sendirian berikut :

1. Menentukan destinasi wisata lebih dulu

Tempat mana saja yang layak Anda kunjungi harus ditentukan lebih dulu. Misalnya Anda ingin pergi ke Manado, maka bisa memilih destinasi Bunaken yang terkenal atau tempat wisata alam, sejarah, kuliner, dan lain-lain. Bila dana yang Anda miliki terbatas, maka sebaiknya pilih destinasi wisata yang mematok biaya masuk murah atau gratis tanpa uang sepeserpun untuk penghematan dana.

2. Persiapkan akomodasi

Akomodasi menjadi prioritas yang tidak kalah penting dalam rencana liburan Anda baik tempat penginapan yang mematok harga murah sampai hotel mahal. Pastikan Anda booking penginapan lewat aplikasi atau website resmi mereka jauh-jauh hari, ya!

3. Beli tiket perjalanan jauh hari

Jika ingin liburan ke destinasi terkenal seperti Bunaken di Manado, maka Anda bisa beli tiket pesawat ke Manado memanfaatkan promo yang menarik.  Begitu pula untuk Anda yang berencana liburan lokal ke Bandung atau Jogja, beli harga tiket kereta api Bandung ke Jogja yang memiliki harga relatif terjangkau untuk kelas Ekonomi.

4. Persiapan barang yang hendak dibawa liburan

Apa saja yang hendak Anda bawa selama liburan ala backpacker harus ada dalam daftar yang rinci. Mau bawa barang sedikit saja memakai tas punggung saja, kenapa tidak? Destinasi wisata kunjungan menjadi pertimbangan yang menyesuaikan dengan barang yang akan Anda bawa, ya! Selain itu, Anda juga harus membawa kotak obat untuk persiapan perjalanan seperti obat masuk angin, minyak kayu putih, plester, dan lain-lain.

5. Membawa perbekalan makan dan minum yang cukup

Jangan lupa untuk membawa bekal makan dan minum secukupnya saja, misalnya minuman botol dan makanan ringan yang bisa menghemat anggaran kuliner. Anda yang pergi sendirian bisa mengurangi hasrat mampir tempat makan atau sekadar mengisi perut selama berada di tempat wisata.

6. Persiapan dokumen yang dibutuhkan

Jangan lupa menyiapkan dokumen yang mungkin dibutuhkan selama liburan lokal, misalnya kartu identitas, dokumen asuransi perjalanan dan lain-lain. Pastikan juga Anda membawa perangkat kamera baik ponsel biasa atau kamera lebih canggih untuk mendokumentasikan liburan Anda yang super seru. Mau bawa tongsis atau tripod, maka pastikan Anda memiliki ruang yang cukup untuk membawa keperluan tersebut.

7. Siapkan uang tunai

Memang Anda bisa lebih mudah melakukan transaksi keuangan memakai kartu debit, kartu kredit atau e-wallet yang bisa diakses lewat ponsel pintar. Namun, tidak semua daerah atau pelaku usaha pariwisata sudah memiliki merchant yang bekerja sama dengan kemudahan pembayaran digital.

Ada baiknya Anda tetap menyiapkan uang tunai dalam jumlah yang cukup untuk meminimalisir risiko perjalanan yang mungkin terjadi. Saat butuh uang kecil untuk membayar biaya tertentu, Anda tidak perlu kelabakan mencari uang tunai.

Yuk, beli tiket kereta api dengan promo OTW untuk Anda yang berencana liburan ala backpacker lokal saja! Menghilangkan penat dengan liburan sejenak bisa membuat Anda merasa lebih fresh dan bisa beraktivitas lebih produktif kemudian hari. Liburan sendirian tidak membosankan, asal Anda tahu cara menikmati me time.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.